Mitos – Mitos Angka Keramat Di Penjuru Dunia

Mitos – Mitos Angka Keramat di Penjuru Dunia-Dengan banyaknya kepercayaan di seluruh dunia.Mulai dari mitos hingga legenda yang tak terhitung jumlahnya.

Walau saat ini sudah memasuki zaman modern,hal-hal tahayul rupanya masih saja belum lepas dari peradapan manusia Bahkan kisah-kisahnya ada yang berkembang dan seakan merasuk ke dalam kehidupan bermasyarakat.

Salah satu kepercayaan yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari ialah angka keramat. Banyak gedung di dunia yang rela menghilangkan salah satu angka dari tingkatan lantainya karena pemiliknya memercayai mitos di balik angka itu.

Berikut angka-angka yang dianggap keramat di dunia seperti dilansir dari Kisah 1001 Mitos-Mitos Unik di Dunia:

1. Angka 9

angka 9
http://www.faktamitos.com/wp-content/uploads/2018/09/angka-9.jpg

Masyarakat China punya catatan sejarah khusus tentang angka 9. Angka itu kerap dimaknai sebagai lambang kesuksesan dan pencapaian tertinggi. Kekaisaran China kuno juga sangat dekat dengan hal-hal yang berbau angka 9. Hal itu dapat terlihat dari arsitektur dan kostum kerajaan yang bermotif 9 naga.

Dinasti Ming (1368-1644) juga meyakini kuatnya angka 9. Lewat “Kota Terlarang” yang terletak di pusat Kota Beijing, terdapat ribuan bangunan yang mencapai 9.999. Mereka percaya, angka 9 melambangkan angka panjang umur dan kekuasaan.

Berbeda dengan China, negara Jepang malah menghindari angka 9. Bagi mereka angka itu adalah lambang penderitaan. Angka 9 dianggap kesialan tertinggi setelah angka 4 yang berarti kematian.

Di sisi lain, terlepas dari kedua kepercayaan itu, angka 9 ternyata punya keunikannya sendiri. Secara hitungan matematika, penjumlahan dari 2 digit angka hasil perkalian angka 9 dengan angka lain, hasilnya pasti 9. Contohnya, 9×4=36, maka angka 36 itu diubah jadi 3+6, hasilnya pasti 9.

Bahkan hal itu tidak hanya berlaku untuk hasil 2 digit, melainkan 3 sampai 4 digit. Contohnya, 9×26=558, maka angka 558 diubah jadi 5+5+8=18, dan 18 diubah jadi 8+1, maka hasilnya 9.

Untuk diketahui, keunikan angka 9 juga terjadi pada tanggal 9 September 2009. Saat itu adalah hari ke-252 dari tahun 2009, yang jika 252 dijumlahkan (2+5+2) maka hasilnya pasti 9.

2. Angka 13

angka 13
http://www.faktamitos.com/wp-content/uploads/2018/09/angka-13.jpg

Angka ini tampaknya memang cukup dikenal sebagai kesialan di berbagai negara. Seperti di China dan Indonesia, berbagai gedung tinggi tidak ada yang mencantumkan lantai 13. Biasanya, angka itu akan diubah jadi 12A.

Menurut kepercayaan, angka tersebut tidak membawa hoki atau keberuntungan. Tidak hanya di Asia, orang-orang Barat juga menganggap angka 13 sebagai kesialan. Untuk itu, lantai 12A juga dipakai gedung-gedung di sana sebelum menuju lantai 14.

3. Angka 8

angka 8
http://www.faktamitos.com/wp-content/uploads/2018/09/angka-8.jpg

Dalam kebudayaan China, angka 8 dianggap membawa keberuntungan karena pengucapannya mirip dengan kata sejahtera atau kekayaan dalam bahasa Mandarin. Selain itu, penulisan angka delapan yang bersambung, menimbulkan kesan konsistensi.

4. Angka 4

angka 4
http://www.faktamitos.com/wp-content/uploads/2018/09/angka-4.jpg

Angka 4 sepertinya punya reputasi yang buruk. Angka ini dianggap dapat menimbulkan kesan negatif bagi yang melihatnya. Banyak hotel dan apartemen mewah, menolak memakai angka 4 sebagai tingkatan lantai.

Semua itu semakin diperkuat dengan ramalan fengshui dan tradisi Tionghoa. Angka empat yang pengucapannya (se), jika diterjemahkan maka artinya “Sial”.

Referensi okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *