27 Fakta Mengerikan Tentang Gempa

27 Fakta Mengerikan Tentang Gempa – Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang dialami selama periode waktu. Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. Moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia. Skala Rickter adalah skala yang dilaporkan oleh observatorium seismologi nasional yang diukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude. Kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. Gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan jika besarnya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa. Gempa Bumi terbesar bersejarah besarnya telah lebih dari 9, meskipun tidak ada batasan besarnya. Gempa Bumi besar terakhir besarnya 9,0 atau lebih besar adalah 9,0 magnitudo gempa di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011), dan itu adalah gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. Intensitas getaran diukur pada modifikasi Skala Mercalli.

Nah,dari penjelasan singkat diatas kamu pasti sudah paham dan mengerti apa itu gempa.Untuk itu saat ini kita masuk pada inti atau topik kita kali ini yaitu :

27 Fakta Mengerikan Tentang Gempa

  1. Pada tanggal 27 Februari 2010 di Chile, terjadi sebuah gempa besar berukuran 8,8 SR. Gempa ini sangat dahsyat hingga bisa memindahkan sebuah kota sejauh 300 cm, memperpendek hari di bumi, dan sedikit mengubah rotasi bumi.
  2. Gempa paling mematikan (menewaskan banyak orang) terjadi di Shanxi, China pada 23 Januari 1556. Diperkirakan 830.000 orang meninggal dunia.
  3. Gempa bumi membunuh rata-rata sekitar 8000 orang setiap tahunnya.
  4. Rata-rata gempa hanya berlangsung sekitar 1 menit.
  5. Mitologi Jepang mengatakan bahwa ikan patin raksasa bernama Namazu bertanggung jawab atas gempa bumi.
  6. Parkfield, California dikenal sebagai Ibukota Gempa Dunia.
  7. Gempa bumi sebagian besar disebabkan oleh kesalahan geologi, namun bisa juga disebabkan oleh tanah longsor, uji coba nuklir, uji coba tambang, dan aktivitas vulkanik.
  8. Di Yunani Kuno, orang-orang percaya bahwa Sang dewa laut, Poseidon-lah yang menyebabkan gempa bumi.
  9. Lebih banyak gempa terjadi di belahan bumi utara daripada di belahan bumi selatan.
  10. Dalam Mitologi Hindu, Bumi dipegang oleh seekor penyu raksasa bersama dua naga. Jika ada salah satu yang bergerak, maka itulah yang menyebabkan terjadinya gempa.
  11. Gempa dibawah laut bisa menyebabkan terjadinya tsunami yang bergerak keseluruh arah hingga 970 km perjam (setara dengan kecepatan pesawat jet).
  12. Badai terburuk yang dipicu oleh gempa terjadi di Peru pada tahun 1970, sekitar 18.000 orang meninggal dunia.
  13. Tanah longsor terburuk yang dipicu oleh gempa terjadi di Provinsi Kansu di China pada tahun 1920. Kejadian ini menewaskan 200.000 orang.
  14. Tsunami terbesar yang disebabkan oleh gempa terjadi di Jepang pada tahun 1771. Tsunami setinggi 85 meter ini melanda Pulau Ishigaki.
  15. Gerakan lempeng tektonik yang hanya cukup 20 cm saja bergerak, maka sudah cukup untuk memicu gempa yang cukup besar.
  16. Gempa dianggap besar jika ukuran skalanya berada diatas 7.0.
  17. Gempa di tahun 1906 di California merupakan salah satu bencana besar pertama yang dicatat oleh fotografi.
  18. Piramida Trans Amerika setinggi 260 meter di San Francisco telah dirancang untuk menahan gempa bumi yang kuat.
  19. Rekor gempa bumi terlama adalah gempa di Samudra Hindia pada tahun 2004, yaitu hampir 10 menit.
  20. Ada sekitar 1.300.000 gempa bumi per tahunnya, dengan besaran skala 2.9 atau lebih rendah.
  21. Kira kira ada sekitar 1 gempa berkekuatan 8.0 atau lebih tinggi terjadi pertahunnya.
  22. Gempa terbesar dalam sejarah baru-baru ini adalah berskala richter 9.5 dan terjadi di Chile pada tahun 1960. Hal ini menyebabkan terjadinya gelombang laut raksasa sejauh 10.000 km jauhnya.
  23. Gempa bumi dapat melepaskan energi ratusan kali lebih banyak daripada bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang.
  24. Meskipun terjadi gempa hanya sekitar 20 detik di Kobe, Jepang. Tetapi lebih dari 5.000 orang tewas, 300.000 orang kehilangan tempat tinggal, dan lebih dari 100.000 bangunan hancur.
  25. Jepang adalah salah satu negara yang paling rawan terjadinya gempa.
  26. Gempa berskala richter 9.0 di Jepang pada tahun 2011 menyebabkan terjadinya pergeseran pulau ke Amerika Serikat dan menggeser poros planet sebesar 6.5 inci.
  27. Di bulan juga terjadi gempa sama seperti di bumi, hanya saja skalanya lebih lemah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *