FAKTA LAUT INDONESIA DI HARI LAUT SEDUNIA

FAKTA LAUT INDONESIA DI HARI LAUT SEDUNIA – Hy,sahabat faktamitos.com berjumpa lagi dengan saya di hari yang indah ini.Pada kesempatan kali ini kita akan membahas keindahan Indonesia.Negara kita Indonesia terkenal dengan lautannya yang luas beserta kekayaan bawah lautnya yang cukup memukau.

Nah,Pasti kamu penasaran bukan ingin mengetahui apa yang dimiliki laut Indonesia? Mari langsung saja simak ulasan berikut.

FAKTA LAUT INDONESIA DI HARI LAUT SEDUNIA

(Mungkin) banyak yang belum tau ya kalau setiap tanggal 8 Juni, dunia itu memperingati yang namanya Hari Laut. Yup! Hari Laut Sedunia ini ditetapkan pada 8 Juni 1992 di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil dan dikoordinasikan secara internasional oleh Ocean Project dan World Ocean Network. Kenapa ada Hari Laut Sedunia ini? Ya biar jadi hari peringatan untuk kita, menghargai laut-laut di dunia. Patutlah laut kita hargai, laut selain jadi tempat hidup makhluk-makhluk air, laut juga jadi jalur pelayaran untuk perdagangan internasional.

Namun pentingnya laut ini juga sering dilupain sama kita, manusia. Polusi global, sampah-sampah plastik yang mencermarkan laut jadi masalah dunia. Makanya deh, di Hari Laut Sedunia ini Damn! mau ngingetin lagi, fakta-fakta laut Indonesia yang mungkin kalian juga belum tau, jadi bisa semakin peduli deh sama laut sendiri! Mulai dari Indonesia dulu, kemudian dunia ya…

  1.  Luas wilayah laut Indonesia adalah 96.079,15 km2, makanya menjadikan Indonesia sebagai wilayah kepulauan terbesar di dunia.
  2.  Indonesia punya garis panjang terpanjang kedua di dunia, yaitu sebesar 55 ribu km2, setelah Kanada.
  3.  2/3 wilayah negara Republik Indonesia merupakan lautan dan sisanya adalah daratan.
  4.  Luas gugusan terumbu karang Indonesia sebesar 18 persen dari total dunia, ada Bunaken dan Raja Ampat,     contohnya.
  5.  Jumlah keanekaragaman hayati Indonesia atau biodiversity yang mencapai 37 persen dari keanekaragaman    hayati dunia.
  6.  Jumlah spesies ikan hiu di Indonesia adalah yang terbanyak di dunia, sekitar 150 spesies.
  7.  Laut Indonesia merupakan jalur raya dan habitat penting buat mamalia laut dunia! Dari 87 jenis mamalia laut di dunia, ada 32 jenis mamalia laut dari kelompok lumba-lumba, paus (termasuk paus biru, yang terancam punah) dan bisa dijumpai di Indonesia.
  8.  Laut Indonesia memiliki 6 dari 7 jenis penyu di lautan dunia lho, Pop Patriotics. Termasuk Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) yang dikenal sebagai jenis reptilia laut penjelajah samudera!
  9.  Allowable catch (potensi tangkapan) dari hasil laut Indonesia mencapai 5,2 juta ton per tahun atau setara     dengan 7,2 triliun Rupiah! Nggak heran sih, kalau 57-60 persen asupan protein hewani kita, rakyat Indonesia, berasal dari laut.
  10. Makanya menjadikan Indonesia sebagai pemasok 10 persen perikanan di dunia.

Oh iya, Hari Laut ini juga jadi kesepakatan global lho buat ningkatin kesadaran, ngasih solusi keberlangsungan dunia dengan laut yang sehat! Yuk, makanya kita makin giat lagi mencintai dan menjaga, nggak cuma laut Indonesia, tapi juga dunia! Bumi yang sehat, butuh lautan yang sehat juga!

Terimakasih atas waktu dan kunjungan nya,Semoga apa yang saya bagikan dapat menambah Ilmu Pengetahuan Kita Semua.Dan jangan lupa tetap mengunjungi faktamitos.com untuk mendapatkan fakta dan Mitos Dunia.

Referensi :www.damniloveindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *